Agate Game Course Batch Ke-2 Segera Hadir

Agate percaya bahwa untuk meningkatkan kualitas industri game di Indonesia perlu ada talenta yang mampu bersaing. Oleh karena itu salah satu inisiatif yang dilakukan Agate untuk berkontribusi dalam pengembangan talenta game development di Indonesia adalah dengan menyelenggarakan Agate Game Course.

Program Agate Game Course adalah program pelatihan game development untuk tingkat pemula dan menengah yang berisi course untuk beragam bidang game development. Sebagai permulaan, pada batch 1 Agate Game Course course yang diselenggarakan adalah course basic yang berkaitan dengan pengenalan industri game, game programming, dan 3D game art, yaitu course Game Development 101, Basic Unity Game Programming, Basic 3D Character Animation, dan Low Poly 3D Modeling & Texturing. 

Pada course-course tersebut, para peserta mendapatkan pelatihan dalam format self-paced learning, mentoring secara online dengan para game developer profesional, dan berdiskusi dengan sesama peserta melalui platform komunikasi online. 

Batch 1 Agate Game Course sendiri telah dilaksanakan dari 18 Agustus sampai dengan 19 September 2022, dan diikuti oleh 80 peserta dari beragam kalangan, mulai dari siswa SMA hingga profesional. Hasilnya, peserta dalam course Basic Unity Game Programming membuat sebuah game physic-based sederhana menggunakan Unity. Sementara itu, peserta course Low Poly 3D Modeling & Texturing membuat 1 model karakter stylized low poly. Di sisi lain, para peserta course Basic 3D Character Animation membuat satu set animasi standar untuk karakter humanoid. Lalu, para peserta course Game Development 101 menghasilkan beragam game analog (non-digital) yang diadaptasi dari beragam game digital, mulai dari Assassin’s Creed bahkan Code Atma yang merupakan karya dari Agate. 

Dyah Mardiana, salah satu lulusan dari course Game Development 101 AGC Batch 1, menyatakan, “Course Game Development 101 benar-benar mengajak peserta untuk bisa memahami dasar game development. Kelas ini memberi gambaran tentang industri game di Indonesia, menganalisis aspek dalam game hingga akhirnya peserta membuat prototype game berdasarkan game yang sudah ada. Materi yang diberikan mudah dipahami dan konsultasi bisa dilakukan kapan saja lewat chatroom. Nggak rugi!” 

Sementara itu, Fidela Azzahra yang juga merupakan alumni course Low Poly 3D Modeling & Texturing Batch 1, juga turut berbagi pengalaman soal menjadi peserta AGC Batch 1. “Sebagai pemula, saya sih bakal merekomendasikan course ini ke temen-temen. Karena kalau bikin object mati di Blender saya udah sering, tapi kalau character baru pertama kali di sini. Awal-awal saya bahkan gak tahu apa itu ‘Low Poly’, tapi setelah ikut course jadi jauh lebih informed dan educated tentang 3D character,” tuturnya.

Melihat hasil dari pelaksanaan Agate Game Course batch 1, dan mengingat kepercayaan Agate terhadap kebutuhan akan talenta game development, maka akan diadakan kembali Agate Game Course batch 2. Rencananya  periode registrasi AGC Batch 2 akan dimulai pada minggu pertama Oktober 2022, tepatnya pada tanggal 7.

Informasi selengkapnya terkait Agate Game Course bisa didapat dengan mengakses course.agate.id. 

More

Stories

Highlight