Free Game Development Program Agate Academy X DTS FGA

Program Overview

Program online course ini adalah hasil kerja sama Agate Academy dengan program Kemenkominfo Indonesia, Digital Talent Scholarship Fresh Graduate Academy. Program ini adalah salah satu program pelatihan peningkatan kompetensi bidang Teknologi Informasi & Komunikasi yang bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan yang belum bekerja, atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional. Diharapkan juga nantinya para lulusan program dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0 dan dapat bersaing baik di industri dalam maupun luar negeri.


Course apa saja yang tersedia pada program ini?

Program ini menyediakan dua jenis course yang berfokus pada pengembangan game, yaitu basic Game Programming dan basic 3D Game Art. Selain pengetahuan spesifik per bidang tadi, para peserta juga akan mendapatkan pengetahuan dasar berupa Game Development 101.

Sedangkan bentuk penyajian materi akan berupa dari self-paced learning  dan online webinar. Selama program langsung juga peserta akan mendapatkan pendampingan dari mentor. Berikut rangkuman masing-masing tema pelatihan.


3D Game Art

Pada course 3D Game Art peserta akan mempelajari keterampilan teknis dalam pembuatan aset visual 3D untuk game dan implementasinya dalam game engine Unity.


Game Programming

Course Game Programming akan menyediakan pengetahuan seputar teknis pemrograman game dan problem solving dalam implementasi pengembangan game.


Siapa yang dapat mengikuti program ini?

Berikut adalah persyaratan peserta:

  1. Warga Negara Indonesia (dibuktikan dengan KTP/KK)
  2. Usia maksimal 27 tahun pada saat mendaftar
  3. Lulusan D3/D4/S1 atau Mahasiswa Tingkat Akhir (dibuktikan dengan ijazah/SKL/Transkrip Nilai/ Surat Keterangan Sidang). Diutamakan program studi yang Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual atau yang sejenis.
  4. Memiliki kemampuan bahasa Inggris
  5. Memiliki kemampuan dasar programming (course Game Programming)
  6. Tidak sedang bekerja
  7. Lolos Seleksi Administrasi dan  Tes Substansi (online)
  8. Mampu menyediakan sarana pelatihan dengan spesifikasi tertentu sesuai dengan persyaratan masing-masing tema pelatihan. Dalam hal ini, yaitu laptop yang kompatibel untuk menjalankan Unity 2020 v3.1 dan Blender v2.93.


Berapa biaya yang diperlukan untuk mengikuti online course ini?

Program ini akan diselenggarakan menggunakan skema beasiswa Digital Talent Scholarship dari Kemenkominfo, sehingga tidak ada biaya apapun yang dibebankan kepada peserta yang mendaftar maupun peserta terpilih nantinya. Dengan kata lain, program ini gratis. Berkenaan dengan penerimaan, tersedia kuota untuk 250 orang, yang dirinci menjadi 150 untuk course Game Programming serta 100 untuk 3D Game Art.


Kapan program ini akan dilaksanakan dan bagaimana alur pendaftarannya?


Berikut adalah jadwal rangkaian program mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan.


Periode Registrasi

11 April – 18 Mei 2022

Seleksi Administrasi

9 – 13 Mei 2022

Tes Substansi

15 – 27 Mei 2022

Pengumuman

30 Mei 2022

Pelaksanaan Program

Juni 2022


Pendaftaran program dapat dilakukan dengan dengan mengunjungi tautan ini untuk Game Programming dan tautan berikut untuk Pelatihan 3D Game Art.

More

Stories

Highlight