DTS FGA Game Creation: Program Kolaborasi Kominfo dengan Agate Academy dan AGI

Dalam rangka menumbuhkan talenta game development Indonesia, AGI melalui Agate Academy bekerja sama dengan Digitalent Scholarship Kominfo untuk menyelenggarakan Fresh Graduate Academy. Kali ini temanya adalah DTS FGA Game Creation. Pada program ini peserta membentuk tim lalu membuat prototype game berdasarkan tema Sustainable Development Goals dalam rangka G20. 

Program yang diselenggarakan dari 19 September sampai dengan 23 Oktober 2022 ini, menghasilkan 48 lulusan yang tergabung ke dalam 8 kelompok, dan membuat 8 game.

Selama program berlangsung, para peserta mendapatkan beragam pembekalan melalui berbagai sesi. Mulai dari sesi webinar sampai dengan sesi mentoring bidang game design, game programming, game art, dan game production. Sesi-sesi webinar meliputi topik-topik pembekalan tentang berbagai role dalam game development sampai pembekalan tentang ideation sebuah game (mulai dari pembuatan pitch document, game design document, technical design document, sampai dengan art direction). 

Untuk bisa membuat konsep dan mengimplementasikan konsepnya sebaik mungkin, para peserta didampingi oleh mentor profesional dengan beragam spesialisasi dalam game development, yakni Wimindra Lee (game design), Restya Winda Astari (game production), Aswin Juari dan Wahyu Hidayat (game programming), serta Aditya Indra Perceka dan Angga Neo Vijanto (game art).

Empat dari lima minggu pelaksanaan program ini diselenggarakan secara online melalui Discord dan Zoom, sementara satu minggu terakhir program ini dilakukan secara offline. Puluhan peserta dari beragam penjuru Indonesia berkumpul di Holiday Inn Pasteur, Bandung, sejak tanggal 19 sampai 23 Oktober 20022 untuk berpartisipasi dalam fase offline program ini. 

Pada hari terakhir acara, delapan kelompok mempresentasikan prototype yang sudah dibuat dan seluruh peserta melakukan playtesting terhadap seluruh game tersebut. Berikut adalah judul dan premis game yang dipresentasikan: 


Kelompok Nama Project Deskripsi Singkat Project 
MADicine 3D Endless Survival unik, di mana karaktermu tidak hanya satu dari sedikit yang selamat, tetapi juga seorang dokter penting bagi dunia. Misi kamu adalah untuk menyembuhkan dan menyelamatkan sebanyak mungkin orang dari yang terinfeksi. 
The Duction TheDuction adalah sebuah game narrative adventure, dimana pemain harus menemukan penyebab kemiskinan di sebuah desa dengan mengumpulkan petunjuk dari objek-objek tersembunyi dan keterangan saksi mata. 
My Dearest Sea Action game di mana anak nelayan ingin membersihkan dari pencemaran laut sebab limbah pabrik industri maupun dari penduduk sekitar dengan membuat alat pembersih serbaguna dari limbah. 
Plantastic Defense Tower defense game di mana tanaman bertindak sebagai pihak bertahan dan polusi bertindak sebagai penyerang. Pemain berperan sebagai pemimpin untuk melindungi bumi dari polusi gas 
The Adventure of Sraya Adventure game yang berceritakan tentang seorang anak bernama Sraya yang memiliki sifat yang sangat buruk terhadap lingkungannya hingga mendapat karma berupa kesialan yang tak ada ujungnya. Sraya pun insaf dan berusaha untuk memiliki sifat yang lebih baik 
EcoToss Game casual dengan tema edukasi membuang sampah di sekolah, dengan pemain sebagai murid perlu melempar sampah yang ada ke tempat sampah yang sesuai sebanyak-banyaknya 
Nature vs Destruction Strategy game di mana pemain meyelamatkan ekosistem hutan dengan menanamkan lebih banyak pohon untuk menggagalkan penambangan liar di hutan 
The Life Cycle of an Unemployed Person Game point and click yang menceritakan kisah sesorang yang sedang mencari kerja, di mana setiap keputusan yang diambil akan sangat berpengaruh kepada dirinya di masa depan. 


Untuk memainkan game-game tersebut, silakan mengakses link-nya dengan KLIK DI SINI.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *