Ringkasan Kegiatan Blockman Editor Training Program

Salah satu kendala utama yang dihadapi industri gim lokal adalah tidak seimbangnya antara kebutuhan dengan ketersediaan SDM. Maka dari itu, program-program pelatihan game development dapat menjadi salah satu dari banyak pilar yang menyangga kerberlangsungan ekosistem industri. Berangkat dari kepercayaan dan persistensi Agate untuk terus mengembangkan talenta-talenta game development Indonesia, berbagai kegiatan dan pelatihan pun terus diupayakan.

Kali ini Blockman Editor Training Program terselenggara atas kerja sama dengan Blockman GO Adventure Indonesia. Pelatihan ini akan berfokus pada bidang Game Design. Dengan memanfaatkan platform Blockman Editor, para peserta dapat dengan mudah mengimplementasikan konsep gim yang dibuat tanpa perlu memahami game programming/coding secara detail ataupun membuat aset audiovisual—cukup menggunakan metode drag and drop.

Kegiatan tersebut pula didukung oleh berbagai webinar tentang aspek game design, penggunaan Blockman Editor, dan plan serta scheduling proses pengembangan game. Selain itu para peserta juga melakukan mentoring rutin dengan para praktisi industri, atau game developer profesional selama masa program berlangsung.

Program yang berjalan mulai 27 Juli hingga 27 September 2022 ini pun akhirnya menghasilkan 10 game terbaik pilihan juri yang juga sudah dipublikasikan pada platform Blockman GO Adventure. 

 

Berikut adalah daftar game-game pilihan tersebut:  

  1. Thieves Hunt karya Rifky Adha Alamsyah 
  2. Si Kelingking karya Kasinifatima Azzahra  
  3. Block Monster karya Mardiansyah     
  4. Private Fire: EEG oleh Rizky Hendra Saputra   
  5. 100 Floor Aincard – Parkour Power oleh Ahmat Subairi Rahman     
  6. Money Tag karya Arhammirza Ibrahim   
  7. Ultimate Parkour Showdown karya Andhika Ahmad Abdillah
  8. The Labyrinth karya Dedy Setiadi  
  9. Game karya Shahran Kurnia Ramadhan 
  10. Game karya Ariel Ariel Pabibak Pali Mallua

Dengan berakhirnya program, ditentukan pula karya Rizky Hendra Saputra, Private Fire: EEG sebagai game terbaik. Peserta terpilih mendapatkan reward berupa sertifikat dan sejumlah uang tunai. Agate pun berharap untuk dapat memfasilitasi aspiring game developer untuk membuat produk game yang dapat dirilis dan dimainkan oleh publik. Proses pembuatan gim hingga playable ini merupakan proses yang sangat baik untuk melatih calon game developer dalam memahami pipeline produksi sebuah gim. 

Untuk memainkan gim-gim tersebut, dapat dilakukan dengan mengakses website Blockman GO Adventure dan memasukkan kata kunci tiap gim di kolom pencarian. Selain itu, preview kumpulan gim pilihan karya peserta Blockman Editor Training Program juga dapat dilihat di Instagram Agate Academy. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *